Sapi Jumbo dari Kabupaten Agam Diusulkan jadi Hewan Kurban Presiden Tahun Ini

×

Sapi Jumbo dari Kabupaten Agam Diusulkan jadi Hewan Kurban Presiden Tahun Ini

Bagikan berita
Ilustrasi sapi. (Foto: Dok. Pixabay)
Ilustrasi sapi. (Foto: Dok. Pixabay)

HALONUSA.COM - Pemerintah Kabupaten Agam mengajukan tiga ekor sapi dari peternakan yang ada di Nagari Gadut, Kecamatan Tilatang Kamang untuk jadi sapi kurban presiden tahun 2023 ini.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Afniwirman mengungkapkan bahwa tiga ekor sapi tersebut diusulkan karena bobotnya yang lebih besar dibanding sapi pada umumnya.

"Yang terbesar bobotnya 1.090 kilogram. Kemudian 900 kilogram dan 850 kilogram. Yang terbesar dan terkecil ini berasal dari peternak sama. Sementara, yang 900 kilogram dari perternak lain," katanya.

Sapi yang diusulkan untuk menjadi sapi kurban presiden tersebut diketahui memiliki jenis simental dengan bobot yang pada umumnya memang lebih besar dibanding sapi lokal.

"Saat ini sudah ditinjau Dinas Peternakan Provinsi, kemudian dilakukan pengambilan sampel untuk mendeteksi penyakit," katanya.

Ia optimis sapi ini berhasil menjadi hewan kurban Presiden Jokowi mengingat untuk saat ini, sapi inilah dengan bobot terbesar.

Nagari Gadut, Kecamatan Tilatang Kamang memang terkenal akan peternaknya yang handal. Beberapa tahun lalu, pernah ada sapi di sini yang terpilih jadi hewan kurban Presiden. (*)

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Sumbar