Pewarta Foto Indonesia Gelar Uji Kompetensi Wartawan, Perkembangan Fotojurnalistik

×

Pewarta Foto Indonesia Gelar Uji Kompetensi Wartawan, Perkembangan Fotojurnalistik

Bagikan berita
IKUT UKW-PFI |  Sebanyak 13 peserta mengikuti Uji Kompetensi Wartawan Pewarta Foto Indonesia selama dua hari di Galeri Fotojurnalistik Antara, Jakarta Pusat, Rabu (9/3/2022).
IKUT UKW-PFI | Sebanyak 13 peserta mengikuti Uji Kompetensi Wartawan Pewarta Foto Indonesia selama dua hari di Galeri Fotojurnalistik Antara, Jakarta Pusat, Rabu (9/3/2022).

HALONUSA.COM – Walau kali pertama Organisasi wartawan Pewarta Foto Indonesia (PFI) menyelenggarakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW-PFI). Namun perhelatan itu mendapat respon dan antusiasme dari berbagai kalangan organisasi pers dan tokoh.

Penyelenggaraan UKW-PFI tersebut sebanyak 13 peserta mengikuti dengan baik di Galeri Fotojurnalistik Antara, Jakarta Pusat, Rabu (9/3/2022).

Masing-masing peserta yang mengikuti berada pada jenjang UKW Muda dan Madya. Hal itu tersampaikan langsung dari Ketua Umum Pewarta Foto Indonesia (PFI) Pusat, Reno Esnir.

Menurutnya, ini menjadi tonggak sejarah baru perkembangan dunia fotojurnalistik di Tanah Air. Reno Esnir juga mengucapkan rasa syukur atas terselenggaranya agenda tersebut.

"Akhirnya setelah 24 tahun berdiri, PFI bisa menyelenggarakan Uji Kompetensi Wartawan dengan menggunakan modul uji-nya sendiri yang berbasis fotojurnalistik," ucap Reno.

Selain itu ia juga menyampaikan terima kasih atas partisipasi dan dukungan dari berbagai pihak. Sehingga bersama-sama merumuskan dan memperjuangkan hingga lahirnya modul uji serta mekanisme pelaksanaan UKW -PFI.

"Tanpa bantuan dari senior-senior fotojurnalistik, Lembaga Pendidikan Antara (LPA), Dewan Pers, dan pengurus PFI Pusat serta PFI Kota, mustahil UKW-PFI ini bisa digelar. Oleh sebab itu saya mengucapkan terima kasih tak terhingga dan juga puji syukur atas digelarnya agenda ini,” imbuhnya.

Anggota Dewan Pers, Jamalul Ihsan yang mengisi UKW-PFI mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi atas capaian dan kerja keras pengurus PFI yang sudah berhasil merumuskan modul uji sekaligus menyelenggarakan UKW-PFI untuk pertama kalinya.

"Sudah betul langkah PFI ini, memperjuangkan teman-teman foto untuk menguji diri sendiri sehingga memiliki nilai lebih, tidak hanya sebagai seorang fotografer tapi juga sebagai jurnalis,” tegas Jamalul.

Koordinator UKW-PFI, Akbar Nugroho menambahkan, UKW ini sangat penting untuk masa depan para pewarta foto. Sebab, telah sama-sama terungkap bahwa banyak media dan event yang mewajibkan jurnalis memiliki sertifikat kompetensi.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini