Harga Cabai Merah Naik Jadi Rp48 Ribu per Kg, Bawang Stabil di Pasar Raya Padang, Cek Rinciannya

×

Harga Cabai Merah Naik Jadi Rp48 Ribu per Kg, Bawang Stabil di Pasar Raya Padang, Cek Rinciannya

Bagikan berita
Ilustrasi cabai. (Foto: pixabay)
Ilustrasi cabai. (Foto: pixabay)

HALONUSA.COM - Harga cabai meroket, penjualan di Pasara Raya Padang malah merosot karena kurang minat pembeli. Pasalnya, sejak satu pekan terakhir ini harga cabai di Pasar Raya Padang terus mengalami kenaikan.

Saat ini harga cabai Jawa telah menembus Rp48.000 per kg yang sebelumnya berkisaran Rp40.000 per kg. Cabai lokal saat ini Rp44.000 per kg sebelumnya Rp36.000 per kg.

Kenaikan cabai ini membuat omset pedagang merosot sekitar 40% lantaran daya beli masyarakat menjadi berkurang.

Tidak hanya cabai merah, cabai hijau juga mengalami kenaikan yang sebelumnya Rp22.000 per kg, saat ini naik menjadi Rp24.000 per kg.

Baca juga:

Sementara itu, bawang peking dan bawang kampung masih stabil. Bawang peking saat ini dijual masih Rp12.000 per kg, bawang kampung dijual juga masih Rp22.000 per kg.

"Saya sih harga cabai Jawa standarnya Rp40 ribu kalau sekarang sampai Rp48 ribu, ada juga yang jual Rp50 ribu. Tapi kalau untuk cabai darek Rp44 ribu, biasanya standarnya Rp36 ribu," kata salah seorang pedagang, Romi, Kamis, 24 Agustsu 2023.

Sementara itu, Ainul, salah seorang pembeli yang juga pedagang makanan mengaku, meski harga cabai mengalami kenaikan dirinya tidak mengurangi jumlah porsi cabai di makanan ayam gepreknya karena salah satu bahan baku untuk kuliner yang dijualnya adalah cabai.

Selain itu juga ia tidak berani menaikkan harga jual karena khawatir pelanggannya akan komplain.

"Sekarang ada yang jual Rp50 ribu, biasanya hanya Rp30 ribu. Kalau untuk di rumah sampai saat ini konsumsi sendiri ya saya tetap nggak ada mengurangi stoknya," katanya. (*)

Editor : Tisya
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini