Ada Rumah Gadang Berusia 2 Abad di Sumatera Barat, Dulunya Dibuat dengan Kalimat Laillahaillallah Muhammad Darasulullah

×

Ada Rumah Gadang Berusia 2 Abad di Sumatera Barat, Dulunya Dibuat dengan Kalimat Laillahaillallah Muhammad Darasulullah

Bagikan berita
Ilustrasi rumah gadang. (Foto: https://www.instagram.com/p/BL6KhKdl3AO/)
Ilustrasi rumah gadang. (Foto: https://www.instagram.com/p/BL6KhKdl3AO/)

HALONUSA.COM - Di Jorong Data, Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) terdapat Rumah Gadang yang menarik perhatian pulik.

Keberadaan rumah gadang berusia hampir 2 abad itu diungkapkan melalui kanal YouTube Suasana Pedesaan Indonesia, Selasa, 22 Agustsu 2023.

Sekilas rumah gadang ini mungkin tampak seperti rumah gadang pada umumnya. Tapi jika Anda berkunjung ke sini akan merasa ketenangan karena lokasinya berada diperbukitan.

Seperti diketahui rumah gadang kalau di daerah Minang itu dikenal dengan rumah tempat tinggal. Dulunya lebih dikenal dengan sebutan rumah gadang dan rumah ini telah turun-temurun sehingga umurnya sudah lebih dari 100 tahun.

Baca juga:

Jika di daerah Minang, dulunya keluarga tinggal di satu buah rumah. Jadi ada beberapa keluarga yang tinggal di dalam rumah tersebut. makanya disebut dengan rumah gadang.

"Urang gaek maningga umua 85 tahun, sajak rang gaek maninggga. Rang gaek (laki-laki) meninggal tahun 90. Inyiak wak dulu yang punyo," kata Pemilik Rumah.

Ditambahkannya, dulu dindingnya dibut melalui sasang batu. Artinya dinding sudah direnovasi ulang waktu dirinya masih kecil dan panggung rumah tersebut terbuat dari bambu.

"Rumah ini sudah turun temurun dari neneknya. Lalu turun ke ibu (orang tua). Orang gaek sudah mengganti dinding," katanya.

Youtube r Suasana Pedesaan Indonesia menyebutkan, rumah gadang ini di kelilingi dengan suasana yang masih asri dan masih banyak tumbuh-tumbuhan hijau di sekitar. Ada pula perkebunan kopi.

"Namun yang menarik dari Rumah Gadang ini, di bagian atap rumah terdapat tulisan Laillahaillallah Muhammad Darasulullah" katanya.

Editor : Tisya
Sumber : YouTube Suasana Pedesaan Indonesia
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini