Google Kecewa dengan Pemerintah Indonesia soal Rancangan Perpres Jurnalisme Berkualitas

×

Google Kecewa dengan Pemerintah Indonesia soal Rancangan Perpres Jurnalisme Berkualitas

Bagikan berita
Ilustrasi Google.
Ilustrasi Google.

HALONUSA.COM - Pemerintah bersama Dewan Pers tengah merancang Peraturan Presiden (Perpres) tentang Jurnalisme Berkualitas.

Google pun mengkritisi rancangan Perpres tersebut yang disampaikan oleh Michaela Browning, VP, Government Affairs and Public Policy, Google APAC.

Kritikan dari Google itu dimuat dalam sebuah blog resmi Google Indonesia yang diterbitkan pada Selasa 25 Juli 2023.

Bahkan dalam opini tersebut, Google merasa kecewa dengan pemerintah Indonesia terkait rancangan Perpres yang diusulkan.

Menurut Michaela Browning, alih-alih Perpres tersebut akan menciptakan Jurnalisme Berkualitas, tapi berpotensi mengancam masa depan media di Indonesia.

Berikut kutipan sikap Google Asia Pacific terhadap aturan Prpres tentang Jurnalisme Berkualitas yang sedang dirancang oleh pemerintah Republik Indonesia:

Sebuah rancangan peraturan berpotensi mengancam masa depan media di Indonesia

Oleh: Michaela Browning, VP, Government Affairs and Public Policy, Google APAC

Sama seperti banyak pemerintah di dunia, kami pun percaya akan pentingnya industri jurnalisme yang sehat dan berkomitmen untuk berperan aktif dalam mendukung ekosistem berita yang berkelanjutan, independen, dan beragam.

Sebagaimana yang telah kami sampaikan kepada Pemerintah Indonesia, kami khawatir bahwa, jika disahkan tanpa perubahan, rancangan terbaru Perpres tentang Jurnalisme Berkualitas yang tengah diusulkan saat ini tidak dapat dilaksanakan. Alih-alih membangun jurnalisme berkualitas, peraturan ini dapat membatasi keberagaman sumber berita bagi publik karena memberikan kekuasaan kepada sebuah lembaga non-pemerintah untuk menentukan konten apa yang boleh muncul online dan penerbit berita mana yang boleh meraih penghasilan dari iklan.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini