Empat Negara ini Sumbang Penyebaran Covid-19 Varian Omicron di Indonesia, ada Arab Saudi dan Amerika

×

Empat Negara ini Sumbang Penyebaran Covid-19 Varian Omicron di Indonesia, ada Arab Saudi dan Amerika

Bagikan berita
Covid-19 Varian Omicron
Covid-19 Varian Omicron

HALONUSA.COM - Mentri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia mencatat ada empat Negara yang menjadi penyumbang penyebaran Omicron di Indonesia.

Empat negara tersebut adalah Arab Saudi, Turki, Amerika Serikat dan Uni Emirat Arab.

"Kami mengamati dari jumlah kasus omicron terutama dari kedatangan luar negeri. Sebagai informasi, positivity rate untuk kedatangan luar negeri adalah 13%, jauh diatas dari positivity rate tranmisi lokal yang 0.2 persen," kata Mentri Kesehatan, Budi Gunadi.

Ia mengatakan, positivity rate kedatangan luar negeri 65 kali lebih tinggi dibandingkan positivity rate transmisi lokal.

"Ini memperkuat hipotesa kami. Bahwa sebagian besar dari kasus positif yang terjadi saat ini disebabkan oleh kedatangan luar negeri," lanjutnya.

Ia mengatakan, jumlah kasus Omicron di Indonesia saat ini sebanyak 414 kasus. Yang masuk kategori sedang atau membutuhkan perawatan dengan oksigen hanya 2 orang.

Kedua orang yang terjangkit Omicron itu memiliki komorbid. Yaitu berusia 58 tahun dan 47 tahun. Kini kedua pasien tersebut telah dinyatakan sembuh.

"Dari 414 orang yang dirawat karena Omicron, 114 orang atau sekitar 26 persen sudah sembuh, termasuk yang 2 orang tadi yang masuk kategori sedang dan membutuhkan perawatan oksigen sehingga mereka bisa kembali ke rumah," lanjutnya.

Ia mengatakan, meskipun penyebaran virus Covid-19 varian Omicron cepat menular, tetapi tidak terlalu parah.

"Jadi kesimpulannya memang walaupun Omicron ini cepat transmisinya tapi relatif lebih ringan dari keparahannya," tutupnya.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini